Monday, November 3, 2014



Recharge Your Love and Spirit of Nationalism
“Recharge Your Love and Spirit of Nationalism” yang berarti mengecas atau mengisi kembali cinta dan semangat nasionalisme,demikianlah tema dari Katabapa Funday yang diselenggarakan oleh OMK Karawang di kompleks sekolah Ign.Slamet Riyadi Resinda,dan gereja St.Marinus.Kegiatan yang diselenggarakan pada  hari Sabtu,25 Oktober 2014 ini melibatkan Bina Iman Anak,KSK,OMK,dan orang tua,dari Paroki Karawang,Purwakarta,Pamanukan,Stasi Cikampek.Pastor Tri,dari Purwakarta turut mendukung acara dekanat Katabapa tersebut.
Acara dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Pst.Haris Andjaja OSC.dilanjutkan dengan lomba poster,dengan menggunakan bahan daur ulang.Poster yang dibuat bertemakan kebangsaan.Setelah poster jadi dan selesai,peserta lomba mempresentasikan poster karyanya.Lomba dimenangkan oleh peserta dari Paroki Karawang.
Kegiatan dikemas semeriah mungkin  dan melibatkan semua kategori. Aneka macam games kebersamaan maupun olahraga dengan melibatkan BIA,KSK,OMK,maupun orang tua.Tujuan permainan-permainan ini untuk mengakrabkan umat antarparoki.Untuk orang tua juga ada acara sharing bersama.
Setelah lomba untuk BIA dan KSK selesai,pada pukul 14.30 dilanjutkan acara untuk orang tua ,yaitu “Share and Learning”.Dalam acara ini bertujuan agar  saling sharing tentang keikutsertaan dan keaktifan orang tua dalam gereja maupun peran serta mereka dalam lingkup masyarakat umum.Bagaimana mengatasi intoleransi dalam hidup beragama dengan narasumber Pst.Haris Andjaja OSC.
Acara selanjutnya adalah pertandingan futsal.Sebelum pertandingan ada persembahan cheers dari OMK Karawang ( enam pemuda berdandan ala gadis yang lincah dan genit ) dan cheers dari Pamanukan.Seru,lucu,dan menghibur.Dalam pertandingan futsal,Stasi Cikampek juara I,Paroki Karawang,juarake-2,dan juara ke-3 diraih oleh Paroki Pamanukan.
Setelah semua lomba selesai,peserta bersiap-siap ke gereja,untuk mengikuti  acara talkshow,yang dibawakan oleh Pst.Antonius Hariyanto.Talkshow membahas peran orang muda dalam kegiatan gereja dan masyarakat.Hendaknya muda-mudi menjadi 100%  Katolik,100% Indonesia,dengan aktif di gereja,mau memahami politik negara,dan mau memahami politik Negara dan mau menjadi suci ( berdoa,bekerja,dan melayani ).
Acara ditutup dengan Ekaristi Kaum Muda pukul 17.30 yang dipimpin oleh Pst.Dominikus Sidauruk OSC.Dalam kesempatan ini Pst.Domi bertanya kepada Bapak Markus Damar,dari Purwakarta, tentang pendapat beliau terhadap kegiatan Katabapa Funday,Bapak Markus mengatakan bahwa proses acara berjalan dengan baik dan teman-teman dapat berinteraksi antarparoki.Acaranya pun dikemas dengan baik oleh para panitia sehingga teman-teman  yang hadir masih bertahan dalam acara ini sampai selesai.
Dalam kesempatan lain,Ibu Anna Maria Rinawati,dari Pamanukan,juga mengatakan hal positif tentang kegiatan ini.Ibu Anna menyatakan bahwa, acara Katabapa fun day yang diselenggarakan oleh OMK Paroki Karawang ini sangat bagus,berkesan.Menjadi wadah saling mengakrabkan antarparoki.Anak-anak BIA asuhannya juga terlihat menikmati permainan  yang diselenggarakan panitia.Hanya saja perlu ditingkatkan lagi agar permainan BIA,OMK,orang tua agar terpisah.
Seperti yang disampaikan oleh Helena,salah satu KSK dari Karawang,acaranya menarik,seru,meski panas sekali,tetapi pesrta tetap antusias dalam mengikuti acara.Sayang,Paroki Subang tidak bisa turut serta karena ada acara lain.Semoga lain kali bisa diikuti seluruh dekanat Katabapa.
                                                                                   
                                                            -----Terima kasih buat Helena Malau dan Rere----

No comments:

Post a Comment