Monday, April 27, 2015

Seminar Kanker Serviks




Seminar Kanker  Leher Rahim

Pada hari Minggu,tanggal 22 Februari,dari pukul 10.00 s.d. 13.00,bertempat di aula St.Agustinus, Wanita Katolik Cabang Karawang  mengadakan seminar  tentang kanker leher rahim atau kanker serviks,dengan penyaji dr.Harry,SPOG dan dr.Farina.
Menurut Ibu Erna Dwi Basuki, ketua WKRI Cabang Karawang,beliau mengharapkan dengan diadakannya sosialisasi  tentang kanker serviks,maka  angka kejadian kanker serviks yang dapat menyebabkan kematian pada ibu ( wanita ) dapat menurun,dan para wanita menyadari betapa bahayanya penyakit ini.
Menurut dr.Harry,SPOG,sebagian besar kasus kanker serviks terdiagnosis dalam keadaan terlambat ( stadium lanjut),sehingga sulit untuk disembuhkan.Penyakit ini disebabkan karena berganti-ganti pasangan dan dari pengawet makanan.
Kanker serviks disebabkan oleh virus Human Papilloma ( HPV ) yang bersifat onkogenik ( penyebab kanker ).Penderita kanker serviks biasanya mengetahui penyakitnya setelah kronis,karena penyakit ini tidak terasa. Sebetulnya penyakit ini dapat dideteksi sejak dini dan dicegah dengan melakukan pemeriksaan IVA ( Inspeksi Visual Asam Asetat ) dan Pap smear.
Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan IVA dan Pap smear yang akan  dilaksanakan dengan bekerja sama antara Wanita Katolik cabang Karawang dengan Dinas Kesehatan, Khususnya Puskesmas Karawang Kota.
Diharapkan kegiatan ini didukung oleh para ibu maupun remaja putri,karena setiap perempuan berisiko terkena kanker serviks dan vaksinasi dan deteksi dini diharapkan dapat memberikan perlindungan yang ideal un tuk mencegah kanker serviks.







No comments:

Post a Comment