Monday, September 15, 2014

Berbagi Bersama dalam Pesta Rakyat

Kemampuan menciptakan keharmonisan dalam keaneakaragaman agama,kepercayaan,dan budaya Indonesia dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika,merupakan hal yang amat membanggakan bagi bangsa Indonesia.Kebanggaan kehidupan berbangsa dan bernegara juga terwujud dalam kegiatan yang dilakukan warga Paroki Kristus Raja Karawang dalam rangka memperingati HUT RI beberapa waktu yang lalu.
Kegiatan yang diawali dengan pertemuan pengurus FKUB ( Forum Kerukunana Umabt Beragama )pada tanggal 18 Juli,yang dihadiri oleh pemuka agama Islam,Hindu,Budha,Kristen,Kong Hu Cu,dan Katolik.Dalam kesempatan ini Bapak H.E.Tajuddin Noor,ketua FKUB menyatakan bahwa kegiatan  ini merupakan respon yang baik terhadap kerukunan beragama di Karawang. Sebaiknya tidak hanya melalui kesenian,tetapi bisa juga kegiatan social,porseni,yang dikedepankan kerukunannya.Diharapkan Karawang lebih mantap kerukunannya.Demikian pula dengan tanggapan positif yang dinyatakan oleh Pastor Paroki,Pastor YB Alamsyah,beliau berpesan agar kita fokus,warga yang terlibat bersatu padu dengan masyarakat Karawang,bersatu padu melalui seni dalam rangka menyamakan persepsi.
Pelangi Nusantara merupakan wadah perwujudan dari kerukunan umat beragama di Karawang dalam bentuk kreativitas seni,sekaligus puncak perayaan HUT RI .Kegiatan yang diadakan di halaman Gereja Kristus Raja Karawang dimulai dari pukul 19.00 wib.Peristiwa ini dihadiri oleh Wakil Bupati Karawang,dr Celicca Nurrachadiana,Bupati Purwakarta,Bp.H.Dedi Mulyadi S.H.,Pemuka agama,umat dan masyarakat sekitar gereja.
Dalam kesempatan ini ditampilkan tari kecak, Tarian yang berasal dari Bali,merupakan sajian dari umat Hindu.Tarian ini dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Pada saat menari, mereka menyerukan  kata “cak” dengan  irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka
Dari umat Budha mempersembahkan barongsai, dari Gereja HKBP menyajikan tari Tor Tor ,tarian yang biasa dipersembahkan baik dalam keadaan suka maupun duka.Para penari memakai ulos,dan aneka suguhan kesenian yang lain. Kegiatan yang menunjukkan eksistensi budaya dari aneka agama yang ada di Karawang.

Umat dan masyarakay yang hadir melebur dalam kegembiraan bersama,menari bersama.berbagi kebahagiaan dalam kebersamaan. Proficiat untuk bangsaku.


No comments:

Post a Comment