Monday, September 15, 2014

Sejarah Paroki Kristus Raja Karawang

Tahun  1962 merupakan awal pelayanan bagi umat Katolik di Karawang.Dimulai dari asrama TNI 324 Telukjambe.Pada tahun 1964 umat Katolik mulai menggunakan sebuah rumah di asrama sebagai tempat berkumpul bersama.Tempat ini yang akhirnya di kemudian hari menjadi kapel St.Mikael Telukjambe.
            Setelah tempat pertemuan berpindah-pindah dari rumah ke rumah,pada tahun 1968 umat Karawang mulai mendapatkan tempat pertemuan.Sebuah gudang di Babakan Cianjur direnovasi menjadi gereja.
            Sejak tahun 1969 umat paroki di Karawang mendapat pelayanan rutin dari Pastor J.Corstjens OSC.Beliau pastor Paroki Subang dan mendapatkan tugas secara tetap melayani umat di Karawang dan Purwakarta.Atas upaya beliau dan umat  pada tahun 1974 Karawang resmi menjadi stasi dari paroki Subang.Lima tahun kemudian,bangunan Gereja Katolik Babagan Cianjur  menjadi gereja permanen setelah mengalami beberapa  kali pemugaran.
            Pada tahun 1981 Pastor J.Corstjen OSC digantikan oleh Pastor Hardjosoebroto OSC. Pastor Hardjo banyak melakukan penataan dan pembenahan umat.Mulailah dibentuk Dewan Pastoral,PGAK,dan WK.Pada tahun 1982 MGR.Arntz OSC mengizinkan Pastor Hardjo untuk membeli rumah di JL.Sedap Malam 10 sebagai Pastoran.Pada tahun yang sama pada tanggal 21 November secara resmi rumah di Jl.Sedap Malam 10 dijadikan Pastoran.Peresmian pastoran sekaligus sebagai peresmian Stasi Karawang menjadi Paroki,sehingga Peringatan Kristus Raja Semesta Alam menjadi Hari jadi Paroki Karawang.
            Pada awal tahun 1990 masyarakat sekitar gereja tidak menghendaki adanya tempat ibadah orang Katolik di tempat itu.Mereka melayangkan surat protes atas keberadaan gereja.Pada masa Adven 1993 terjadi gangguan terhadap kelangsungan gereja.Umat yang hendak ke gereja dihalang-halangi.
            Karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan perayaan Ekaristi,maka setelah Pekan Suci tahun 1994 perayaan Ekaristi dipindahkan ke kompleks sekolah Yos Sudarso,Jalan Belakang Pasar 14.
            Tahun 1990-1994 inilah tahun-tahun perjalanan berat Grereja Katolik Kristus Raja Karawang. Perjalanan waktu yang diwarnai perlakuan diskriminatif oleh pemerintah,penolakan dan gangguan warga sekitar gerja,dan perjuangan berat untuk terus bertahan hingga mendapatkan hak dan pengakuan semestinya.
Melalui perjalanan  perjuangan berat dan panjang, dan dengan bantuan pemerintah pusat ,pada tahun 1994 izin mendirikan bangunan di Babakan Sananga untuk gereja dikeluarkan oleh Bupati Karawang,Bapak Sumarno Sumardi .
            Pada tahun ini juga dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Kristus Raja Karawang.Setelah pembangunan pagar keliling dan bangunan gereja sementara selesai,perayaan Ekaristi hari Minggu dipindahkan lagi dari kompleks sekolah Yos Sudarso ke jalan Parahyangan 45. 
            Pembangunan gereja dan kehidupan menjemaat berlangsung terus hingga pada tanggal 23 November 1996 pada peringatan Kristus Raja,bangunan gereja yang baru diresmikan oleh Sekwilda Kabupaten Karawang dihadiri oleh pejabat daerah Tingkat II kab.Karawang,Wakil MUI,dan dikemudian hari diberkati oleh Uskup Agung Bandung,MGR.Alexander DJajasiswaja Pr.
            Dengan berbagai upaya dan usaha,pada pesta Kristus Raja tahun 1998,aula st.Agustinus dan Pastoran diberkati oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Bandung Pastor Markus Priyo Kushardjono OSC.Lengkaplah kompleks bangunan Paroki Kristus Raja Karawang.
            Sejak tahun 1998 perkembangan umat dan perkembangan sarana terus bertambah. Tahun 2013 pada usianya yang ke- …. Paroki Kristus Raja Karawang, semakin memantabkan pelayanan dengan dukungan Gedung Gereja, Gazebo,Gedung St. Agsutinus,Balai Pengobatan  “Kurnia Asih”, Kantin, dan area parkir yang lebih luas. Semua ini adalah sarana untuk mewartakan Injil,berkarya nyata dalam menebarkan keselamatan.

            Dengan berkat Allah Gereja Katolik Kristus Raja semakin memantapkan eksistensinya, dan biarlah tetap Kristus Yang Merajai hati setiap umat .

1 comment:

  1. Lowongan kerja :

    Perusahaan di wilayah Klari -Karawang. Perusahaan Industri Makanan yg bernama PT. Saltindo Perkasa. Membutuhkan karyawan ditempatkan dibidang Quality Control / Laboratorium (QC) . Lulusan SMK jurusan Kimia Analis (Baru / berpengalaman). Lamaran Pekerjaan dapat dikirimkan :

    PT. Saltindo Perkasa
    Jl. Bukit Gading Raya, Komp. Gading Bukit Indah M/3,
    Kelapa Gading - Jakarta Utara.
    14240

    Atau Email : saltindo.m3@gmail.com

    Kami tunggu kabar baiknya.

    ReplyDelete